I. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
Pengajar : Dr. Yonas Muanley, M.Th.
Semester : I
Hari Pertemuan : Jumat dan Sabtu
Tempat Pertemuan : Kampus STT IKSM Sentosa Asih
II. Manfaat Mata Kuliah
Mata kuliah ini dirancang dengan manfaat sbb:
1. Manfaat umum, yaitu menolong mahasiswa untuk kepentingan penelitian yang berhubungan dengan obyek forma Pendidikan Agama Kristen.
2. Manfaat khusus, yaitu peruntukan bagi mahasiswa yang berprofesi dosen untuk:
a. Mampu mengajar secara efektif dalam bidang keilmuan, sebab tanpa mengetahui secara mendalam mengenai hakikat dan fungsi keilmuan, maka hal itu tak mungkin dapat dilakukan dengan benar.
b. Mampu memberikan bimbingan terhadap mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.
c. Mampu melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masayarakat, khususnya masyarakat Gereja sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.
d. Mampu bersikap dan berperilaku sesuai dengan etika keilmuan
Untuk mencapai maksud ini maka kajian mata kuliah ini diarahkan pada ontology, epistemology dan aksiologi dan penerapannya pada Pendidikan Agama Kristen
III. Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Filsafat ilmu bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional dalam membentuk: (1) Dosen yang mampu mengajar secara efektif dalam bidang keilmuan, sebab tanpa mengetahui secara mendalam mengenai hakikat dan fungsi keilmuan, maka hal itu tak mungkin dapat dilakukan dengan benar. (2) Dosen yang mampu memberikan bimbingan terhadap mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. (3) Dosen yang mampu melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masayarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. (4) Dosen yang bersikap dan berperilaku sesuai dengan etika keilmuan. Dalam konteks demikian maka focus penyajian mata kuliah ini meliputi pembahasan tentang ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu dan perkembangan pengetahuan ilmiah. Dengan kata lain mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional. Pembahasan mata kuliah ini mencakup ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu serta perkembangan ilmu pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontology ilmu difokuskan pada unsure realitas empiric, seperti data, fakta dan informasi serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Pembahasan tentang epistemology ilmu difokuskan pada pengkajian metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metode penelitian. Pembahasan tentang aksiologi ilmu difokuskan pada nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial, termasuk di dalamnya etika dan estetika. Pembahasan materi perkuliahan dikaitkan dengan materi yang diberikan dalam perkuliahan Metodologi Penelitian dan Tehnik Analisa Data.
IV. Skema Perkuliahan/Peta Perkuliahan
Mata Kuliah : Kurikulum Pendidikan Agama Kristen I
Mampu menerapkan filsafat ilmu dalam kegiatan ilmiah dalam bidang Pendidikan Agama Kristen
(Standar Kompetensi)
Menganalisis hubungan Filsafat Ilmu dengan metodologi penelitian dan analisis data
(Kompetensi Dasar 5)
Menilai dan menerapkan Aksiologi Ilmu dalam PAK
(Kompetensi Dasar 4)
Menilai dan menerapkan Epistemologi Ilmu dalam PAK
(Komptensi Dasar 3)
Menilai dan menerapkan Ontologi ilmu dalam PAK
(Komptensi Dasar 2)
Menjelaskan Pengertian Filsafat Ilmu
(Kompetensi Dasar 1)
1. Filsafat umum dan terapan (Filsafat Pendidikan)
V. Kompetensi Dasar dan Indikator/Tujuan Instruksional
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa menunjukkan kemampuan dalam mendemonstrasikan setiap kompetensi dasar yang ditandai dengan indicator-indikator sbb:
1. Mendata definisi filsafat ilmu dan menganalisisnya
2. Menilai dan menerapkan ontology ilmu dalam Teologi dan PAK
3. Menilai dan menerapka epistemology dalam Teologi dan PAK
4. Menilai dan menerapkan aksiologi ilmu dalam Teologi dan PAK
5. Menganalisis hubungan filsafat ilmu dengan metodologi penelitian dan Analisis Data dalam Penelitian bidang Teologi dan PAK
VI. Organisasi Materi Kuliah
Pendahuluan
1. Pengertian filsafat Ilmu
1. Ontologi
2. Epistemologi
3. Aksiologi
4. Hubungan filsafat ilmu dengan metodologi penelitian dan tehnik analisa data
Penutup
VII. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran:
Pendekatan yang dipakai dalam proses pembelajaran mata kuliah ini yaitu: Pembelajaran berbasis Masiswa (pendekatan rekonstruktifistik).
Strategi Pembelajaran:
1. Ceramah seperlunya
2. Kolokium (penentuan topic tertentu bagi mahasiswa untuk dipersiapkan secara ilmiah dan dibicarakan secara bersama di ruang kuliah dibawah bimbingan dosen)
3. Presentasi (bahan dipersiapkan dalam bentuk makalah dan disampaikan melalui power point)
4. Diskusi/Tanya jawab
5. Studi Mandiri
VIII. Sumber-sumber Belajar
I. Bahan Ajar:
Yonas Muanley. 2008. Diktat/Bahan Ajar Teori Kebenaran, Bahan Presentasi Program D.Th. STTBI Semarang.
Yonas Muanley. 2007. Diktat/Bahan Ajar Pandanganku Tentang Filsafat Pendidikan (Implementasi Berbagai Aliran Filsafat Pendidikan yang Relevan dalam Pendidikan Agama Kristen. Post Paper Program Pascasarja (D.Th.PAK)
Yonas Muanley. 2009. Bahan Ajar Filsafat Pendidikan di Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar.
Yonas Muanley. 2008. Kurikulum dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum (lihat filosofis-teologis) hubungan Atena dan Yerusalem/hubungan logi orang non Kristen dan Kristen dalam logos yang berbuah.
IX. Penilaian dan Kriteria Pembelajaran
Penilaian
Penilaian akan dilakukan dosen dengan penggunaan criteria sebagai berikut:
Nilai Poin Range
A 4 95 – 100
B 3 80 -94
C 2 70 – 79
D 1 60 – 69
E 0 59
Kriteria Penilaian:
1. Presentasi dan keterlibatan di kelas ………. : 20 %
2. Paper/Laporan (Pra Seminar/Pre Paper) : 30 %
3. Presentasi …………………………………… : 20 % (Power Point)
4. Post Paper ………………………………….. : 30 %
100 %
X. Jadwal Pembelajaran
Jadwal Kontrak Perkuliahan
Pertemuan Minggu ke Materi Perkuliahan Sumber Belajar Keterangan
1 Perkenalan
Penjelasan:
Tugas awal
Silabus
Kontrak Pembelajaran
RPP
2. Pengertian Filsafat Ilmu: Kompilasi
3. Pengertian Filsafat Ilmu: Kompilasi
4. Pengertian Filsafat Ilmu: Kompilasi
5. Ontologi: Kompilasi
6. Ontologi: Kompilasi
7. Ontologi: Kompilasi
8. Ujian Tengah Semester Soal essay
9. Epistemologi: Kompilasi
10. Epistemologi: Kompilasi
11. Epistemologi: Kompilasi
12. Aksiologi: Kompilasi
13. Aksiologi: Kompilasi
14. Aksiologi: Kompilasi
15. Hubungan Filsafat Ilmu dengan Metodologi Penelitian dan Analisis Data Kompilasi
16. Ujian Akhir Semester Soal subjektif
Jakarta, Juli 2018
No comments:
Post a Comment