FILSAFAT ILMU: ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI

BAHAN AJAR MK. FILSAFAT ILMU ONLINE BERBASIS FREE WEBLOG. "Pikiran adalah Pemberian Tuhan. Berpikir Mendalam terhadap realitas adalah bagian dari mengasihi Tuhan dan Sesama". Blog ini dikelola Oleh: Dr.Yonas Muanley, M.Th., Dosen Tetap STT IKSM Santosa Asih Jakarta

Artikel Terbaru

Thursday, April 11, 2019

Blogspot sebagai Media Online Mengajar Filsafat Ilmu

Saya sejak mengenal blogspot pada tahun 2007, saya berusaha untuk terus mengembangkan diri dalam menggunakan blogspot sebagai media kreativitas saya, khususnya dalam bidang profesi mengajar. Saya telah membuat bahan ajar yang saya sebut bahan ajar online berbasis free weblog berbasis platform blogspot. Selain itu saya juga memiliki email dari gmail.com sebagai media yang memperlancar kreativitasku dalam menjadikan blog gratis sebagai bahan ajar online. Saya tidak perlu malu karena menggunakan blog gratis. Walaupun blog gratis, blog gratis ini mempunyai kualitas universal. Kualitas universal yang saya maksud yaitu kemampuan media blogspot dapat dikunjungi oleh siapa saja di seluruh dunia.
Saya senang karena dengan menggunakan blogspot, saya dapat menata blogspot secara profesional. Indahnya lagi yaitu blogspot dapat menerima template blog dari template pihak ketiga seperti template yang dibuat para blogger profesional. Dengan menggunakan template bawaan blogspot maupun template blogger, kita dapat menata blogspot menjadi blog yang berfungsi untuk media pembelajaran online, bahkan saya lebih senang menyebutkan istilah "Bahan Ajar Online". Dengan blogspot kita dapat mewujudkan bahan ajar online tersebut. Para guru, dosen dapat menggunakan blogspot untuk memposting materi pelajaran yang diasuh.






Saya sendiri mendapat kepercayaan untuk mengajar beberapa materi seperti:
1. Entrepreneur
2. Filsafat Pendidikan
3. Filsafat Ilmu
4. Apologetika
5. Teknologi dan Media Pembelajaran
dll.
Seluruh materi yang saya ajarkan saya membuat blog khusus untuk mata kuliah tersebut. Bila mencari di google dengan kata kunci "bahan ajar online" maka beberapa blog saya terindeks oleh google. Ada yang menjadikan beberapa blog saya sebagai rujukan dalam mengerjakan skripsi, tesis bahkan disertasi. Tempat mereka berbeda, ada yang di Sulawesi, Papua, Ambon dan tempat-tempat lain. Bahkan ada pula yang dari luar negeri. Tentu mereka yang kuliah di luar negeri. Mereka mengunjungi blog saya dan membaca beberapa bagian yang sekiranya menjadi berguna bagi mereka.
Saya senang karena saya terbatas untuk pergi ke berbagai wilayah di Nusantara bahkan dunia. Namun artikel saya dapat dibaca oleh siapa saja yang mengunjungi blog saya dari daerah mana saja mulai dari Sabang sampai Merauke bahkan ke berbagai penjuru bumi seperti Belanda, Amerika, Prancis, dll.
Mari kita menjadikan blog sebagai bahan ajar online. Kita dapat menggunakan kode-kode sitemap yang dapat mengklasifikasikan artikel kita menjadi satu daftar isi. Dengan demikian pembaca yang mengunjungi blog kita dapat mengkuti artikel kita melalui sitemap. Bahkan ada sitemap yang bila kita mengerti secara baik dan menggunakannya maka sitemap tersebut akan berfungsi persisi seperti daftar isi dari sebuah buku atau sebuah skripsi, tesis dan disertasi. Kita tidak harus membuat secara manual nanti yang mengurutkan itu oleh kode html dari sitemap yang kita masukan. Silakan lihat contoh sitemap berikut ini. Saya sengaja kemukakan dua model sitemap atau daftar isi blog sbb.
1. Sitemap 1
2. Sitemap 2
Kedua model sitemap di atas saya dapatkan dari surving di internet. Silakan mencari di internet atau google dengan kata kunci sitemap blog yang seo friendly. Kedua model sitemap ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Sitemap yang pertama memilik kelebihan dalam klasifikasi judul artikel. Jadi bila kita pandai membuat judul artikel dan label maka akan ketika kita klik, akan muncul tampilan seperti daftar isi. Ada sub judul dan anak sub judul. Tentu ini bergantung kita membuat label postingan. Bila tidak maka tampilannya akan muncul seperti biasa. Sedangkan sitemap model ke-2 memiliki kelebihan pada menampilkan gambar pada tampilan sitemap. Jadi bila setiap postingan ada gambar maka sitemap model kedua akan menampilkan gambar tersebut. Dengan demikian tampilannya semakin menarik untuk dikunjungi.

Oh ya ada yang hampir saya lupa. Bila kita membuat bahan ajar online maka ketika kita mengajar di luar Jakarta seperti baru-baru ini dalam bulan Maret saya mengajar di Palopo dan Toraja. Di Toraja saya menggunakan blog ini sebagai bahan ajar online. Saya masuk rung kuliah dan menggunakan Modem serta LCD untuk mempresentasikan Rencana Silabus dan Pembelajaran Semester (RPS) berbasis kurikulum KKNI. Saya menjelaskan dan mahasiswa mengikutinya melalui penjelasan langsung lewat LCD yang ditampilkan di depan ruang kuliah dan mahasiswa dapat pula mengikuti bahan kuliah saya di blog. Dengan demikian pembelajaran menjadi sesuatu yang menggairahkan. Tnetu saya kombinaskan konfensional dan sedkit masuk dalam ranah menggunakan teknologi 4,0.

Semoga bermanfaat

Sumber: Pixabay

No comments:

Post a Comment