FILSAFAT ILMU: ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI

BAHAN AJAR MK. FILSAFAT ILMU ONLINE BERBASIS FREE WEBLOG. "Pikiran adalah Pemberian Tuhan. Berpikir Mendalam terhadap realitas adalah bagian dari mengasihi Tuhan dan Sesama". Blog ini dikelola Oleh: Dr.Yonas Muanley, M.Th., Dosen Tetap STT IKSM Santosa Asih Jakarta

Artikel Terbaru

Saturday, April 6, 2019

Pengertian Ilmu

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Versi Online, Ilmu diartikan pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. Ilmu berati pengetahuan atau kepandaian tentang objek tertentu baik secara umum maupun agama
Berdasarkan definisi di atas, kita mengenal ada ilmu-ilmu umum seperti:

Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Hukum
Ilmu Filsafat
Ilmu Pendidikan
Ilmu Tata Negara
Ilmu Anatomi
Ilmu Bahasa
Ilmu Masyarakat
Ilmu Penerbangan
Ilmu Matematika
Ilmu Perpustakaan
Ilmu Politik
Dll

Dalam bidang Agama (Teologi), kita mengenal ilmu:
Ilmu Agama yang dikembangkan lagi dalam bidang-bidang yang lebih spesifik. Misalnya dalam Kristen.
Ilmu Tafsir Kitab Suci (Eksegesis dan Hermeneutika), Sistematika Teologi, yang dikembangkan dalam Ilmu tentang Allah (Sistematika Teologi 1), Kristologi (Sistematika Teologi 2), Ekklesiologi (Sistematika Teologi 3), Pneumatologi (Sistematika Teologi 4), Eskatologi (Sistematika Teologi 5), Ilmu Covenan Lama 1, Ilmu Covenan lama 2, Ilmu Covenan Lama 3, Ilmu Covenan Baru 1, Ilmu Covenan Baru 2, Ilmu Covenan Baru 3, Ilmu Sejarah Ekklesia Eropa, Ilmu Ekklesia Asia, Ilmu Ekkesia Indonesia, Ilmu Logika, Ilmu Luturgi (Ilmu ibadah) dll.

Pengertian Ilmu secara Konsepsional

Ilmu adalah pengetahuan yang disusun secara sistematis dan beraku umum. Dalam definisi ini, ilmu adalah kumpulan tahu yang disusun secara runtut atau secara sistematis agar dapat dipahami oleh setiap orang dan berlaku bagi siapa saja. Dalam upaya sistematisasi pengetahuan tersebut, ada metode ilmiah yang digunakan. Sebuah pengetahuan dapat disebut ilmu (kebenaran) apabila menggunakan metode-metode ilmiah.

Menurut Yonas Muanley, ilmu adalah bagian dari berpikir mendalam tentang hakikat realitas atau salah satu realitas yang kemudian memisahkan diri karena telah memiliki kebenaran dan berdiri sendiri (mandiri). Dalam definisi ini, setiap ilmu berasal dari berpikir radikal atau berpikir mendalam terhadap salah satu objek yang kemudian menyatakan diri menjadi sebuah ilmu mandiri. Kemandirian ini dsebabkan karena pengetahuan tentang objek tertentu telah mendapat kebenaran.
Menurut Thomas Kun, ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya. Sedangkan seorang ahli lagi yaitu Maurice Bucaille mengabstraksikan ilmua sebagai kunci untuk mengungkapkan segala hal dalam jangka waktu lama maupun singkat. Lalu Francis Bacon menyatakan bahwa ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid (benar) dan hanya fakta-fakta yang menjadi objek pengetahuan.

Jadi, ilmu adalah pengetahuan yang mengandung kebenaran. Kebenaran itu adalah pengetahuan yang sesuai dengan objek. Pengetahuan yang sesuai objek menghasilkan pengetahuan yang benar. Kebenaran tersebut dipakai untuk memutuskan sesuatu. Dalam kesimpulan ini, kebenaran yang saya maksudkan adalah kebenaran melalui proses berpikir sistematis yang diuji dengan metodologi yang sesuai dalam ukuran ilmiah.

Semoga bermanfaat menambah wawasan Ilmu

No comments:

Post a Comment