FILSAFAT ILMU: ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI

BAHAN AJAR MK. FILSAFAT ILMU ONLINE BERBASIS FREE WEBLOG. "Pikiran adalah Pemberian Tuhan. Berpikir Mendalam terhadap realitas adalah bagian dari mengasihi Tuhan dan Sesama". Blog ini dikelola Oleh: Dr.Yonas Muanley, M.Th., Dosen Tetap STT IKSM Santosa Asih Jakarta

Artikel Terbaru

Monday, April 8, 2019

Mengajar Mata Kuliah Filsafat Ilmu di STT Pokok Anggur

Mata kuliah filsafat ilmu merupakan salah satu mata kuliah dalam Program Studi Magister Pendidikan Agama Kristen dan Magister Teologi. Saya memiliki sejumlah pengalaman mengajar mata kuliah ini di beberapa STT di Indonesia. Salah satunya yakni di STT Pokok Anggur. Mengajar mata kuliah ini merupakan salah satu kesukaan saya dalam melaksanakan tugas mengajar, khususnya STT Pokok Anggur.

STT Pokok Anggur Indonesia mengundang saya untuk mengajar di dua tempat berbeda. Para mahasiswa adalah orang-orang yang profesional. Ada guru, pegawai negeri dan juga kepala desa dan seorang lurah. Mereka bersama mahasiswa lain mengikuti kuliah saya dalam bidang Filsafat Ilmu. Tentu pengalaman ini menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tentu ucapan terimakasisih kepada STT POKOK ANGGUR

Dalam mengajar filsafat Ilmu di STT ini, saya memberi tugas awal kepada para mahasiswa. Bentuk tugas awal itu sbb:

TUGAS AWAL
MK. FILSAFAT ILMU
Dosen: Yonas Muanley

Standar Kompetensi:

Mahasiswa STT Pokok Anggur menjelaskan dan menerapkan filsafat ilmu dalam kegiatan
Akademis (bimbingan mahasiswa) dan penelitian ilmiah (tesis dan disertasi) dalam bidang Pendidikan Kristen, Teologi Kependetaan, Misi dll.

Deskripsi Mata Kuliah

Filsafat ilmu bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional dalam membentuk:
1. Dosen/pendidik/gembala yang mampu mengajar secara efektif dalam bidang keilmuan, sebab tanpa mengetahui secara mendalam mengenai hakikat dan fungsi keilmuan, maka hal itu tak mungkin dapat dilakukan dengan benar.
2. Guru dan Dosen yang mampu memberikan bimbingan terhadap mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (logika berpikir dalam karya ilmiah)
3. Guru dan Dosen yang mampu melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masayarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.
4. Guru dan Dosen yang bersikap dan berperilaku sesuai dengan etika keilmuan. Dalam konteks demikian maka focus penyajian mata kuliah ini meliputi pembahasan tentang ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu dan perkembangan pengetahuan ilmiah.
Dengan kata lain, mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional. Dalam rangka tujuan ini maka pembahasan mata kuliah ini mencakup ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu serta perkembangan ilmu pengetahuan ilmiah.
Pembahasan tentang ontology ilmu difokuskan pada unsure realitas empiric, seperti data, fakta dan informasi serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah.
Pembahasan tentang epistemology ilmu difokuskan pada pengkajian metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metode penelitian.
Pembahasan tentang aksiologi ilmu difokuskan pada nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial, termasuk di dalamnya etika dan estetika.
Untuk mencapai pokok-pokok yang disebutkan di atas maka materi kuliah dijabarkan dalam kompetensi dasar dengan urutan sebagai berikut.

Kompetensi Dasar

1. Mahasiswa mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik tentang filsafat ilmu
2. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik tentang ontology ilmu
3. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik tentang epistemology ilmu
4. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik tentang aksiologi ilmu
5. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan menganalisis hubungan filsafat ilmu dengan metodologi penelitian dan tehnik analisa data (instrument dan pengukuran)

Indikator dari setiap Kompetensi Dasar di atas dapat dilihat dalam Silabus
Yang akan dibagikan pada saat kuliah.

Kemudian untuk mewujudkan interaksi proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum berbasis KKNI maka kepada mahasiswa diberi tugas-tugas yang harus dikerjakan dan disiapkan dalam bentuk makalah sebelum mahasiswa mengikuti kuliah dan pada waktu kuliah dilaksanakan proses kolokium (percakapan bersama) di ruang kuliah.






A. Pra Seminar

Membuat Paper (15/8 halaman, kwarto, double spasi) dengan memilih salah satu judul dibawah ini atau usulan mahasiswa yang disetujui oleh dosen.

Judul-judul pre paper:

1. Ilmu dan Filsafat/Filsafat Ilmu Teologi Misi, Teologi Kependetaan, (definisi sempit sampai luas/teori-teori filsafat ilmu pendidikan) : Marthen Kalitu. Paulus M.
2. Teori Kebenaran : Koherensi, Korespondensi, Pragmatisme : Petrus T. Lukas L. Resti, Leni, Salma
3. Cabang-cabang Filsafat: Daniel
4. Ontologi Ilmu (teori-teori ontology ilmu Teologi dan atau pendidikan): Delta S. Markus, Yulianto, Markus S.
5. Epistemologi Ilmu (teori-teori epistemology ilmu teologi dan atau pendidikan): Hasibuan.
6. Aksiologi Ilmu (teori-teori aksiologi ilmu Teologi dan atau pendidikan): Ibu Marina, Markus
7. Hubungan antara Filsafat Ilmu dengan Metodelogi Penelitian dan Analisis Data: Matius
8. Instrumen dan Skala Pengukuran dalam Penelitian: ……….

C. Para mahasiswa siap mempresentasikan paper sesuai dengan judul yang dipilih pada saat kuliah dimulai.

D. Post Paper.

Setiap mahasiswa diwajibkan membuat post paper (15/25 halaman) dan dikumpulkan pada waktu yang ditentukan kemudian. Post Paper harus mengikuti norma penulisan karya ilmiah (etika akademis penulisan karya ilmiah).

E. Penilaian

1. Kehadiran ……………………………. : 10%
2. Presentasi dan keterlibatan di kelas ………. : 20 %
3. Paper/Laporan (Pra Seminar/Pre Paper) : 20 %
4. Presentasi …………………………………… : 20 % (Power Point)   
5. Post Paper ………………………………….. : 30 %
100 %
Tgl. Presentasi: Presentasi Mahasiswa:
Batas penyerahan akan ditentukan kemudian: ………………………

Metodologi Pembelajaran:
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Kolokium
4. Presentasi

PEMBAGIAN TUGAS

Mahasiswa dapat memilih judul-judul berikut ini dengan cara mengisi nama dalam kolom nama dan menyampaikannya kepada dosen via telp: 081388662585. Oleh karena hanya 8 topik (8 Kompetensi Dasar ) yang dibahas, maka mahasiswa yang belum mendapat topic bahasan dapat memilih topic yang telah dipilih oleh mahasiswa lainnya. Bila satu topic dibahas oleh beberapa mahasiswa maka tidak boleh kopi paste.

Mahasiswa dapat memilih judul-judul di atas dan disiapkan dalam bentuk makalah untuk siap dipresentasikan dalam nuansa KOLOKIUM. Rujukan sumber hendaknya memakai foot note. Format Prepaper sbb:
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PEMBAHASAN: Judul yang telah dipilih
BAB III KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA

Setelah mengajar selama 2 Minggu, saya pun kembali ke homebase saya dan melaksanakan aktivitas seperti mengajar, memimpin dan menulis serta mempublikasikan.

Salam

No comments:

Post a Comment