FILSAFAT ILMU: ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI

BAHAN AJAR MK. FILSAFAT ILMU ONLINE BERBASIS FREE WEBLOG. "Pikiran adalah Pemberian Tuhan. Berpikir Mendalam terhadap realitas adalah bagian dari mengasihi Tuhan dan Sesama". Blog ini dikelola Oleh: Dr.Yonas Muanley, M.Th., Dosen Tetap STT IKSM Santosa Asih Jakarta

Artikel Terbaru

Tuesday, September 25, 2012

Tugas Mahasiswa



PETUNJUK TUGAS AWAL (PRA PAPER) 
MK. FILSAFAT ILMU
Dosen: Yonas Muanley  

Standar Kompetensi : Mahasiswa menjelaskan dan menerapkan filsafat ilmu dalam kegiatan
                                       penelitian ilmiah

Deskripsi Mata Kuliah
Filsafat ilmu bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional dalam membentuk: (1) Dosen yang mampu mengajar secara efektif dalam bidang keilmuan, sebab tanpa mengetahui secara mendalam mengenai hakikat dan fungsi keilmuan, maka hal itu tak mungkin dapat dilakukan dengan benar. (2) Dosen yang mampu memberikan bimbingan terhadap mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. (3) Dosen yang mampu melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masayarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. (4) Dosen yang bersikap dan berperilaku sesuai dengan etika keilmuan. Dalam konteks demikian maka focus penyajian mata kuliah ini meliputi pembahasan tentang ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu dan perkembangan pengetahuan ilmiah. Dengan kata lain mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional. Pembahasan mata kuliah ini mencakup ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu serta perkembangan ilmu pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontology ilmu difokuskan pada unsure realitas empiric, seperti data, fakta dan informasi serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Pembahasan tentang epistemology ilmu difokuskan pada pengkajian metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam  metode penelitian. Pembahasan tentang aksiologi ilmu difokuskan pada nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial, termasuk di dalamnya etika dan estetika. Pembahasan materi perkuliahan dikaitkan dengan materi yang diberikan dalam perkuliahan Metodologi Penelitian dan Tehnik Analisa Data.
Kompetensi Dasar
1.      Mahasiswa mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik tentang filsafat ilmu
2.      Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik tentang ontology ilmu
3.      Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik tentang epistemology ilmu
4.      Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik tentang aksiologi ilmu
5.      Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan menganalisis hubungan filsafat ilmu dengan metodologi penelitian dan tehnik analisa data
Indikator dari setiap Kompetensi Dasar di atas dapat dilihat dalam Silabus
Yang akan dibagikan pada saat kuliah.

Tugas-tugas mahasiswa sebelum mengikuti kuliah dan pada waktu kuliah

A.    Pra Seminar

Membaca buku-buku dibawah ini:
1.      Harry Hamersma. 1981. Pintu Masuk ke Dunia Filsafat. Yogyakarta : Kanisius.
2.      I.R. Poedjawijatna. 2004. Tahu dan Pengetahuan Pengantar ke Ilmu dan Filsafat. Jakarta : Rineka Cipta
3.      Andi Hakim Nasution. 1999. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Sinar Harapan.
4.      Redja Mudyahardjo. 2006. Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung : Rosdakarya
5.      Jasa Ungguh Muliawan. 2008. Epistemologi Pendidikan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
6.      Jonar Situmorang. 2004. Filsafat dalam Terang Iman Kristen. Yogyakarta : Andi Offset.
7.      A. Hanafi. 1983. Filsafat Skolastik. Jakarta : Pustaka Alhusna. (lihat bahasan ttg epistemology Philo)
8.      Paulus Wahana. 1993. Filsafat Pancasila. Yogyakarta : Kanisius
9.      Yonas Muanley. 2007. Filsafat Pendidikan Pada Pendidikan Agama Kristen (Filsafat Pendidikan Agama Kristen). Jakarta: Program Pascasarjan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar.
10.  Yonas Muanley. 2008. Teori Kebenaran, Bahan Presentasi Program D.Th. STTBI Semarang.
11.  Yonas Muanley. 2007. Pandanganku Tentang Filsafat Pendidikan (Implementasi Berbagai Aliran Filsafat Pendidikan yang Relevan dalam Pendidikan Agama Kristen. Post Paper Program Pascasarja (D.Th.PAK) STT Baptis Indonesia, Semarang.
12.  Yonas Muanley. 2009. Bahan Ajar Filsafat Pendidikan di Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar.
13.  Yonas Muanley. 2008. Kurikulum dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum (lihat filosofis-teologis) hubungan Atena dan Yerusalem/hubungan logi orang non Kristen dan Kristen dalam logos yang berbuah.

 B.     Membuat Paper (15 halaman, kwarto, double spasi) dengan memilih salah satu judul dibawah ini atau usulan mahasiswa yang disetujui oleh dosen.

Judul-judul pre paper:

1.      Ilmu dan Filsafat/Filsafat Ilmu Pendidikan (definisi sempit sampai luas/teori-teori filsafat ilmu pendidikan)
2.      Teori Kebenaran
3.      Cabang-cabang Filsafat
4.      Ontologi Ilmu (teori-teori ontology ilmu pendidikan)
5.      Epistemologi Ilmu (teori-teori epistemology ilmu pendidikan)
6.      Aksiologi Ilmu (teori-teori aksiologi ilmu pendidikan)
7.      Hubungan antara Filsafat Ilmu dengan Metodelogi Penelitian dan Analisis Data
C.     Para mahasiswa siap mempresentasikan paper sesuai dengan judul yang dipilih pada saat kuliah dimulai.

D.    Post Paper. Setiap mahasiswa diwajibkan membuat post paper (25 halaman) dan dikumpulkan pada waktu yang ditentukan kemudian. Post Paper harus mengikuti norma penulisan karya ilmiah (etika akademis penulisan karya ilmiah).

E.     Penilaian

1.      Presentasi dan keterlibatan di kelas ……….    : 20 %
2.      Paper/Laporan (Pra Seminar/Pre Paper)         : 30 %
3.      Presentasi ……………………………………    : 20 % (Power Point)
4.      Post Paper …………………………………..     : 30 %
100 %
Metodologi Pembelajaran:
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Presentasi
Catatan:
1.      Silabus akan dibagikan pada saat kuliah
2.      Pemilihan topic presentasi dapat dilakukan via telepon kepada pengasuh Mata Kuliah di No. HP. 081388121888 atau melalui Akademik PPs.
3.      Mahasiswa dapat mengadakan presentasi dengan memakai power point   
4.      Setiap mahasiswa dapat menggandakan bahan presentasi dan membagikan kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Filsafat Ilmu sebelum presentasi dimulai.


1 comment: