FILSAFAT ILMU: ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI

BAHAN AJAR MK. FILSAFAT ILMU ONLINE BERBASIS FREE WEBLOG. "Pikiran adalah Pemberian Tuhan. Berpikir Mendalam terhadap realitas adalah bagian dari mengasihi Tuhan dan Sesama". Blog ini dikelola Oleh: Dr.Yonas Muanley, M.Th., Dosen Tetap STT IKSM Santosa Asih Jakarta

Artikel Terbaru

Friday, May 18, 2018

Berontologi dan Epistemologi serta Aksiologi dalam Ad MGID



Ontologi dan Epistemologi serta Aksiologi dalam postingan ini diarahkan pada Ad MGID. Ad yang dimaksud disini yaitu Adsense (Iklan) dengan cara menjadi Publisher. Publisher adalah salah satu realitas, yang perlu juga sebuah episteme (membangung tahu) tentang Publisher dan Beraksiologi. Berikut Ontologi, EPistemologi dan Aksiologi MGID yang memberi faedah kepada pemilik blog dan pengunjung. Selamat mengikuti info.
Ontologi sebagai hakekat realitas tentu bersifat menyeluruh maupun secara spesifik sesuai bidang keilmuan. Dalam setiap bidang keilmuan ada ontologi, terhadap ontologi tersebut dibangun pengetahuan yang benar terhadap realitas tersebut. Rancang bangun pengetahuan ini disebut dengan epistemologi.
MGID adalah salah satu contoh hakekat realitas tersebut. Bidang ini berhubungan dengan Adsense dari MGID.

Sekarang perhatikan tugas yang harus dikerjakan dalam bidang Filsafat Ilmu

TUGAS AWAL
MK. FILSAFAT ILMU
Dosen: Yonas Muanley

Standar Kompetensi : Mahasiswa menjelaskan dan menerapkan filsafat ilmu dalam kegiatan
Akademis (bimbingan mahasiswa) dan penelitian ilmiah (tesis dan disertasi) dalam bidang Pendidikan Kristen, Teologi Kependetaan, Misi dll.



Deskripsi Mata Kuliah
Filsafat ilmu bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional dalam membentuk:
1. Dosen/pendidik/gembala yang mampu mengajar secara efektif dalam bidang keilmuan, sebab tanpa mengetahui secara mendalam mengenai hakikat dan fungsi keilmuan, maka hal itu tak mungkin dapat dilakukan dengan benar.
2. Guru dan Dosen yang mampu memberikan bimbingan terhadap mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (logika berpikir dalam karya ilmiah)
3. Guru dan Dosen yang mampu melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masayarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.
4. Guru dan Dosen yang bersikap dan berperilaku sesuai dengan etika keilmuan. Dalam konteks demikian maka focus penyajian mata kuliah ini meliputi pembahasan tentang ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu dan perkembangan pengetahuan ilmiah.
Dengan kata lain, mata kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang paradigma keilmuan yang bersifat operasional. Dalam rangka tujuan ini maka pembahasan mata kuliah ini mencakup ontology, epistemology, dan aksiologi ilmu serta perkembangan ilmu pengetahuan ilmiah.
Pembahasan tentang ontology ilmu difokuskan pada unsure realitas empiric, seperti data, fakta dan informasi serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah.
Pembahasan tentang epistemology ilmu difokuskan pada pengkajian metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metode penelitian.
Pembahasan tentang aksiologi ilmu difokuskan pada nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial, termasuk di dalamnya etika dan estetika.
Pembahasan materi perkuliahan filsafat ilmu dikaitkan dengan materi yang diberikan dalam perkuliahan Metodologi Penelitian dan Tehnik Analisa Data.
Kompetensi Dasar
1. Mahasiswa mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik tentang filsafat ilmu
2. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik tentang ontology ilmu
3. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik tentang epistemology ilmu
4. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik tentang aksiologi ilmu
5. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kemampuan menganalisis hubungan filsafat ilmu dengan metodologi penelitian dan tehnik analisa data (instrument dan pengukuran)
Indikator dari setiap Kompetensi Dasar di atas dapat dilihat dalam Silabus
Yang akan dibagikan pada saat kuliah.

Tugas-tugas mahasiswa sebelum mengikuti kuliah dan pada waktu kuliah

A. Pra Seminar

Membaca buku-buku dibawah ini:

1. Athur F. Holmes, Segala Kebenaran adalah Kebenaran Allah (Surabaya: Momentum, 2009)
2. Aripin Banasuru, Filsafat dan Filsafat Ilmu Dari Hakikat ke Tanggung Jawab (Bandung: Alfabeta, 2013)
3. Wowo Sunaryo Kuswana, Filsafat Pendidikan Teknologi, Vokasi dan Kejuruan (Bandung: Alfabeta, 2013)
4. Amsal Baktiar, Filsafat Ilmu (Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2013)
5. Harry Hamersma. Pintu Masuk ke Dunia Filsafat (Yogyakarta : Kanisius, 1981)
6. I.R. Poedjawijatna. Tahu dan Pengetahuan Pengantar ke Ilmu dan Filsafat. Jakarta : Rineka Cipta, 2004)
7. Andi Hakim Nasution. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. (Jakarta : Sinar Harapan, 1999).
8. Redja Mudyahardjo. Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung : Rosdakarya, 2006
9. Jasa Ungguh Muliawan. Epistemologi Pendidikan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2008.
10. Jonar Situmorang. Filsafat dalam Terang Iman Kristen. Yogyakarta : Andi Offset, 2004.
11. A. Hanafi. Filsafat Skolastik. Jakarta : Pustaka Alhusna. (lihat bahasan ttg epistemology Philo), 1983
12. Paulus Wahana. Filsafat Pancasila. Yogyakarta : Kanisius, 1993
13. Yonas Muanley. Filsafat Pendidikan Pada Pendidikan Agama Kristen (Filsafat Pendidikan Agama Kristen). Jakarta: Program Pascasarjan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar. 2007
14. Yonas Muanley. Teori Kebenaran, Bahan Presentasi Program D.Th. STTBI Semarang.2007
15. Yonas Muanley. Pandanganku Tentang Filsafat Pendidikan (Implementasi Berbagai Aliran Filsafat Pendidikan yang Relevan dalam Pendidikan Agama Kristen. Post Paper Program Pascasarja (D.Th.PAK) STT Baptis Indonesia, Semarang.2007
16. Yonas Muanley. Bahan Ajar Filsafat Pendidikan di Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar. 2009
17. Yonas Muanley. Kurikulum dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum (lihat filosofis-teologis) hubungan Atena dan Yerusalem/hubungan logi orang non Kristen dan Kristen dalam logos yang berbuah. 2008
18. Asmoro Achmadi, Filsafat Umum (Jakarta : RajaGrafindo Persada, 2005)
19. Jan Hendrick Rapar, Pengantar Filsafat (Yogyakarta : Kanisius, 1996)
20. Norman L. Geisler dan Paul D. Feinberg. Filsafat dari Perspektif Kristiani (Malang : Gandum Mas, 2013

B. Membuat Paper (15/8 halaman, kwarto, double spasi) dengan memilih salah satu judul dibawah ini atau usulan mahasiswa yang disetujui oleh dosen.

Judul-judul pre paper:

1. Ilmu dan Filsafat/Filsafat Ilmu Teologi Misi, Teologi Kependetaan, (definisi sempit sampai luas/teori-teori filsafat ilmu pendidikan) : Marthen Kalitu. Paulus M.
2. Teori Kebenaran : Koherensi, Korespondensi, Pragmatisme : Petrus T. Lukas L. Resti, Leni, Salma
3. Cabang-cabang Filsafat: Daniel
4. Ontologi Ilmu (teori-teori ontology ilmu Teologi dan atau pendidikan): Delta S. Markus, Yulianto, Markus S.
5. Epistemologi Ilmu (teori-teori epistemology ilmu teologi dan atau pendidikan): Hasibuan.
6. Aksiologi Ilmu (teori-teori aksiologi ilmu Teologi dan atau pendidikan): Ibu Marina, Markus
7. Hubungan antara Filsafat Ilmu dengan Metodelogi Penelitian dan Analisis Data: Matius
8. Instrumen dan Skala Pengukuran dalam Penelitian: ……….

C. Para mahasiswa siap mempresentasikan paper sesuai dengan judul yang dipilih pada saat kuliah dimulai.

D. Post Paper.

Setiap mahasiswa diwajibkan membuat post paper (15/25 halaman) dan dikumpulkan pada waktu yang ditentukan kemudian. Post Paper harus mengikuti norma penulisan karya ilmiah (etika akademis penulisan karya ilmiah).

E. Penilaian

1. Kehadiran ……………………………. : 10%
2. Presentasi dan keterlibatan di kelas ………. : 20 %
3. Paper/Laporan (Pra Seminar/Pre Paper) : 20 %
4. Presentasi …………………………………… : 20 % (Power Point)
5. Post Paper ………………………………….. : 30 %
Total 100 %

Tgl. Presentasi: Presentasi Mahasiswa:
Batas penyerahan akan ditentukan kemudian: ………………………

Metodologi Pembelajaran:
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Kolokium
4. Presentasi



Semoga berguuna

No comments:

Post a Comment