FILSAFAT ILMU: ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI

BAHAN AJAR MK. FILSAFAT ILMU ONLINE BERBASIS FREE WEBLOG. "Pikiran adalah Pemberian Tuhan. Berpikir Mendalam terhadap realitas adalah bagian dari mengasihi Tuhan dan Sesama". Blog ini dikelola Oleh: Dr.Yonas Muanley, M.Th., Dosen Tetap STT IKSM Santosa Asih Jakarta

Artikel Terbaru

Friday, January 4, 2019

Posting Foto dalam Pertimbangan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi


Para Pembaca blog, setiap foto yang saya sertakan dalam laman artikel blog tentu ditempatkan dalam pertimbangan filsafat ilmu, khususnya pertimbangan ontologi, epistemologi dan aksiologi. Oleh karena itu mohon mereka yang terganggu dengan foto-foto yang ditampilkan dalam laman blog ini dapat memahami mengapa saya menyertakan foto-foto dalam blog.
foto-foto diambil dari pixabay. Ada foto wanita dan laki-laki. Untuk wanita, kita belajar ontologi tentang kecantikan. Apakah cantik itu ada. Jika cantik itu ada maka kita dapat mempelajari ontologinya dalam diri wanita. Demikian pula laki-laki ganteng. Apakah ganteng itu secara ontologi ada. Jika ada maka kita dapat membangung epistemologi dan aksiologi dalam diri laki-laki. Demikian selanjutnya.
Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi "Cantik"

Berdasarkan dua foto di atas, menurut anda mana yang cantik? Pertimbangkan ontologi dan bangun epistemologi tentang cantik diantara dua pilihan di atas, dan periksa epistemologi anda tentang cantik. Apakah sesuai dengan realitas tentang cantik berdasarkan dua foto di atas. Bila benar maka itulah kebenaran. Kebenaran adalah persesuaian epistemologi dengan ontologi. Selanjutnya bangunlah aksiologi atas dua foto di atas. Semoga anda sukses mempelajari ontologi, epistemologi dan aksiologi.

Sekarang kita mempelajari tentang ontologi, epistemologi serta Aksiologi "Ganteng".


Untuk menolong usaha memahami artikel ini maka saya selingi pembahasan ini dengan mencantumkan beberapa definisi tentang filsafat Ilmu yang didalamnya membahas ontologi, epistemologi dan aksiologi. Pengertian yang dimaksud sbb:
Filsafat ilmu adalah bagian dari filsafat yang menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu.
Bidang ini mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari ilmu, yang termasuk di dalamnya antara lain ilmu alam dan ilmu sosial.
Di sini, filsafat ilmu sangat berkaitan erat dengan ontologi, epistemologi dan aksiologi. Filsafat ilmu berusaha untuk dapat menjelaskan masalah-masalah seperti: apa dan bagaimana suatu konsep dan pernyataan dapat disebut sebagai ilmiah, bagaimana konsep tersebut dilahirkan, bagaimana ilmu dapat menjelaskan, memperkirakan serta memanfaatkan alam melalui teknologi; cara menentukan validitas dari sebuah informasi; formulasi dan penggunaan metode ilmiah; macam-macam penalaran yang dapat digunakan untuk mendapatkan kesimpulan; serta implikasi metode dan model ilmiah terhadap masyarakat dan terhadap ilmu pengetahuan itu sendiri.

Selamat ber-ontologi, epistemologi dan aksiologi.

Salam filsafat ilmu

No comments:

Post a Comment